KEGIATAN KOMBEL 3 NOVEMBER 2023 MENYAMPAIKAN MATERI ASSESMEN SUMATIF BERBASIS PROJEK KOLABORASI ( PEMETAAN MAPEL)
SMA Negeri 2 Tarakan melaksanakan kegiatan Refleksi Asesmen Sumatif Berbasis Proyek Kolaborasi sebagai tindak lanjut dari pelaksanaan pembelajaran dan asesmen kurikulum berbasis proyek. Kegiatan ini bertujuan untuk memperkuat pemahaman guru dalam merancang asesmen sumatif yang mengintegrasikan berbagai mata pelajaran secara kolaboratif, serta memastikan keselarasan antara tujuan pembelajaran dan kriteria ketuntasan yang digunakan.
Kegiatan diawali dengan penyampaian materi oleh Ketua Panitia Pelaksanaan Ujian Semester mengenai tata cara pengisian Lembar Kerja (LK) tujuan pembelajaran dan penentuan kriteria ketuntasan. Selanjutnya, Waka Kurikulum memberikan pemahaman tentang proses pemetaan mata pelajaran untuk menyusun asesmen sumatif berbasis proyek kolaboratif. Setelah itu, guru-guru dari berbagai bidang studi berkolaborasi menyusun dan mengerjakan lembar kerja tersebut sebagai bagian dari rancangan proyek yang akan digunakan dalam ujian semester.
Kegiatan ini berlangsung dalam suasana saling mendukung dan aktif berdiskusi. Para guru bersama-sama mencari irisan tujuan pembelajaran yang dapat digunakan dalam proyek kolaboratif, sekaligus menumbuhkan semangat kerja sama antar mata pelajaran. Proses belajar dalam komunitas belajar (Kombel) ini memberikan pengalaman bermakna bagi guru untuk meningkatkan kualitas perancangan asesmen yang berorientasi pada kreativitas serta kolaborasi siswa.
Meski demikian, masih terdapat beberapa guru yang belum sepenuhnya fokus selama kegiatan berlangsung. Hal ini menjadi catatan penting bagi pelaksanaan kegiatan serupa agar koordinasi dan keterlibatan dapat lebih optimal.
Sebagai tindak lanjut, SMA Negeri 2 Tarakan akan mengadakan Kombel lanjutan untuk menyatukan persepsi antar guru mata pelajaran mengenai penerapan asesmen berbasis proyek kolaborasi, sehingga rancangan asesmen sumatif yang digunakan semakin terarah dan berdampak positif bagi proses pembelajaran peserta didik.