KEGIATAN JUM’AT, 10 NOVEMBER 2023 TIM KONTEN MENYAMPAIKAN MATERI ASSESMEN SUMATIF BERBASIS PROJEK KOLABORASI ( PROJEK PAS KOLABORATIF )
Pada tanggal 10 November 2023, SMA Negeri 2 Tarakan melaksanakan kegiatan Refleksi Projek PAS Kolaboratif dan Asesmen Sumatif Berbasis Proyek dengan fokus pada rancangan proyek membuat poster. Kegiatan ini menjadi bagian dari upaya sekolah untuk terus menguatkan implementasi Kurikulum Merdeka yang menekankan kolaborasi antarguru serta penguatan asesmen berbasis proyek yang bermakna bagi peserta didik.
Kegiatan diawali dengan penyampaian materi oleh Ketua Panitia Pelaksanaan Ujian Semester, yang menjelaskan tata cara pengisian Lembar Kerja (LK) tujuan pembelajaran dan penentuan kriteria ketuntasan yang akan digunakan dalam asesmen sumatif. Selanjutnya, Waka Kurikulum memberikan arahan mengenai proses pemetaan mata pelajaran untuk penyusunan asesmen sumatif berbasis proyek kolaboratif, agar rancangan yang dibuat selaras antarbidang studi.
Setelah pemaparan materi, para guru dari berbagai mata pelajaran melakukan diskusi kolaboratif untuk menyusun rancangan proyek dalam bentuk poster tematik yang akan digunakan dalam pelaksanaan Penilaian Akhir Semester (PAS) Ganjil Tahun 2023. Melalui kegiatan ini, guru diajak mempraktikkan langsung prinsip kolaborasi dalam asesmen, sehingga pembelajaran yang dirancang semakin kontekstual, kreatif, dan berorientasi pada pemahaman mendalam siswa.
Kelebihan Kegiatan
Terbangun semangat saling tolong-menolong di antara guru dalam menyelesaikan lembar kerja rancangan asesmen sumatif berbasis proyek.
Terjadi diskusi bermakna untuk menemukan irisan tujuan pembelajaran yang dapat digunakan bersama dalam proyek kolaboratif.
Melalui kegiatan komunitas belajar (Kombel), para guru mendapatkan pengalaman belajar yang lebih bermakna serta menumbuhkan rasa kepemilikan terhadap inovasi asesmen di satuan pendidikan.
Kekurangan Kegiatan
Masih terdapat beberapa guru yang belum sepenuhnya fokus mengikuti proses penyusunan asesmen berbasis proyek. Hal ini menjadi catatan penting untuk peningkatan kedisiplinan dan keterlibatan aktif dalam kegiatan kolaboratif berikutnya.