PMR WIRA SMADA di JUMBARA

PMR WIRA SMADA di JUMBARA

Palang Merah Indonesia  Cabang Kota Tarakan menyelenggarakan kegiatan agenda 4 Tahun sekali jumpa bhakti gembira (Jumbara), kegiatan yang merupakan ajang silaturahmidan menambah wawasan pengetahuan relawan mengenai kepalangmerahan. kegiatan yang dilaksanakan selama 4 hari yang diikuti seluruh perwakilan sekolah dari tingkatan Mula Madya dan Wira. Acara yang dibuka secara langsung oleh Walikota Tarakan didampingi ketua PMI Kota Tarakan bertempat di Wahana Wisata Persemaian, jumlah peserta 400 orang. Jumbara yang terdiri dari Jumpa yang mengartikan bertujuan untuk silaturahmi sesama anggota PMR dan berbagi pengetahuan serta pengalaman dan bakti sebagai penerapan pengetahuan  yang selama latihan di sekolah yang akan dipraktekkan dalam bentuk lomba serta gembira dimana peserta bisa menikmati kegiatan  dengan riang gembira dan menampilkan bakatnya.
PMR SMAN 2 Tarakan mengirimkan 30 peserta, dimana sebelumnya mereka telah mempersiapkan diri selama latihan di sekolah, selama 4 hari 3 malam mereka berkemah dan bersosialisasi dengan sekolah lain terdapat 32 sekolah yang mengikuti kegiatan ini. Tidak hanya mempersiapkan diri untuk berlomba tetapi peserta juga di uji dengan ketahanan diri dalam menghadapi kondisi alam perkemahan dikarenakan cuaca hujan yang cukup deras dan mengakibatkan ada beberapa tenda yang roboh karena terpaan hujan. Kegiatan traveling merupakan kegiatan yang cukup melelahkan karena peserta harus melewati 7 pos dimana setiap pos ada beberapa pertanyaan dan praktek tentang kepalangmerahan, donor darah, siaga bencana,pertolongan pertama, perawatan keluarga, kepemimpinan hingga tentang kesehatan remaja. Kegiatan ini juga melibatkan instansi terkait seperti BPBD, Pemadam Kebakaran, Dinas Kesehatan agar peserta Jumbara mendapatkan wawasan pengetahuan yang luas, serta masih banyak lagi kegiatan yang dilaksanakan di Jumbara.
Anggota PMR SMAN 2 Tarakan Uliya Meida yang sering disapa Meida mengungkapkan kami sangat gembira dalam mengikuti kegiatan ini yang merupakan agenda kegiatan yang ditunggu, karena disini dilihat keterampilan dan wawasan pengetahuan kepalangmerahan anggota PMR dan mana sekolah yang aktif untuk melaksanakan latihan rutin di sekolah, dan kami disini mendapatkan beberapa prestasi yakni juara 3 di posko siaga bencana, juara 2 di posko perawatan keluarga, banyak pengalaman dan kenangan indah yang kami dapatkan selama disini tambahnya. Walau tidak mendapatkan target sebagai juara umum kami sudah cukup bangga karena kami disini bisa mengaplikasikan tenaga kami untuk membantu tingkat mula yang banyak mengalami sedikit kesusahan dalam berkegiatan.
Rohani, S.Pd sebagai pendamping kegiatan menambahkan kegiatan ini merupakan kegiatan yang punya peran luar biasa dalam pengembangan diri siswa, mereka dididik untuk punya jiwa relawan dan nantinya bisa di aplikasikan ke lingkungan masyarakat bila terjadi musibah, saya juga menyampaikan terima kasih buat keluarga besar SMAN 2 Tarakan yang telah banyak mendukung dan berdoa untuk keberhasilan kami dalam Jumbara ini.

7 Pembaca    |    0 Komentator
Share :

Kirim Pesan Anda